Situs Download Lagu Toraja Terbaru Terbaik dan Terpopuler Mp3

Ciri dan Karakteristik Suku Toraja

Ciri dan Karakteristik Suku Toraja
Ciri dan Karakteristik Suku Toraja
1. Suka Berkumpul atau bermukim sesama Toraja

Mungkin sering kita lihat sendiri pada suatu daerah kita menjumpai ada daerah atau tempat tertentu dimana didalam daerah tersebut kita menemukan daerah yang mayoritas atau kebanyakan yang tinggal di dalam adalah suku Toraja. Di luar wilayah Toraja, bergaul dengan sesama orang Toraja akan memberikan rasa nyaman tersendiri. maka, Di mana ada orang Toraja pastilah disitu ada orang Toraja yang lain, orang Toraja cenderung lebih suka berkumpul atau bergaul dengan sesama orang Toraja sendiri, ini mungkin dikarenakan karena memiliki aspek hampir sama baik dari segi budaya, bahasa, dan agama serta selera makan. walaupun demikian bukan berarti bahwa orang Toraja tidak bergaul dengan suku -suku lain.

2. Baik dan sopan

Masyarakat toraja pada umumnya memiliki sifat yang baik dan sopan, ini adalah kearifan lokal masyarakat Toraja yang sudah turun temurun terus terpelihara, orang Toraja percaya bahwa dengan bersikapan sopan, baik dan rendah hati akan mendatangkan berkah(dalle') dalam kehidupan.
masyarakat Toraja mengenal budaya longko' atau budaya malu,sehingga orang Toraja dengan sebisa mungkin menghindarkan diri pribadi atau keluarga dari sanksi sosial yang disebabkan oleh sikap kurang sopan dan melanggar hukum adat dalam masyarakat. oleh karena itu kriminalitas yang terjadi dalam masyarakat Toraja cenderung lebih rendah dibanding dengan daerah lain.

3. logat atau dialeg yang kental

Bahasa sehari hari orang toraja di kampung adalah bahasa daerah atau bahasa toraja sendiri, berbicara dalam bahasa toraja dalam penggunaannya memiliki cirikhas yang cenderung lambat dan kuat di vocal huruf "E",sehingga kadang orang Toraja kalau berbicara dengan bahasa Indonesia maka logat atau dialeg itupun akan terbawa, dan mungkin itulah sebabnya  orang Toraja kalau berbicara di depan umum akan merasa kaku dan kurang percaya diri, hehe...
Di luar Toraja kita akan sangat gampang mengetahui jika itu adalah orang Toraja hanya dengan menyimak cara mereka bertutur kata dengan logat toraja yang khas itu. hau'leee..

Dialeg atau logat Orang Toraja berbeda-beda, seperti halnya logat orang tallu lembangna berbeda dengan logat orang dari barat seperti wilayah rembon dan dari bagian utara atau sa'dan, sehingga dari cara berbicara saja kita sudah bias menebak kalau orang ini berasal dari daerah itu.

4. Suka Berbaur dan Gotong Royong

Suku Toraja sangat kental dengan Rasa Gotong Royong yang masih sangat kental, ini terlihat secara jelas dalam acara-acara atau kegiatan yang dilakukan baik dalam lingkup Suku Toraja maupun dilingkup suku daerah lainnya. Toraja juga sudah banyak dikenal oleh suku lainnya yang memiliki sikap dan pergaulan yang baik dilingkungannya.

5. Bersuara Keras dan Kuat

Karena wilayah Tana Toraja yang letaknya berada di pegunungan yang  yang memiliki banyak bukit dan lembah serta jarak  rumah yang berjauhan sehingga untuk berkomunikasi diperlukan suara yang besar dan keras. masyarakat suku Toraja juga memiliki teriakan yang khas yang disebut Kumalasi yang butuh suara yang keras dan kuat untuk melakukannya.

6. Suka berternak

Babi dan Kerbau (Tedong) adalah hewan yang paling utama dipelihara oleh suku Toraja, namun kerbau biasanya hanya akan dipelihara jika berada dalam lingkup suku aslinya (Toraja), namun hewan Babi yang satu ini adalah tidak jarang dipelihara dimanapun suku Toraja bermukim atau daerah tersebut kebanyakan bermukim adalah suku Toraja

Itulah beberapa Ciri dan Karakterstik dari Suku Toraja. Semoga bermanfaat buat sobat semua. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ciri dan Karakteristik Suku Toraja

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment