Situs Download Lagu Toraja Terbaru Terbaik dan Terpopuler Mp3

Jenis-Jenis Kerbau Toraja, Harganya bisa sampai 1 Milyar

Jenis Kerbau Tana Toraja
Jenis Kerbau Toraja
Budaya Tana Toraja - Kerbau (dalaM Bahasa Toraja 'Tedong') adalah salah satu Hewan peliharaan di Tana Toraja yang nilai sosialnya sangat tinggi. Ditana Toraja Kerbau biasanya digunakan sebagai hewan korban (Pemotongan) di dalam upacara rambu solo (Kematian) dalam acara Rambu Tuka' (Pesta Pernikahan) biasanya digunakan, tapi jumlahnya tidak terlalu banyak, berbeda pada acara Rambu Solo (Kematian) Tedong (Kerbau) yang di Tinggoro (Sembeli) bisa sampai Ratusan Ekor Kerbau. Daging kerbau yang dipotong kemudian biasanya dibagi-bagikan kepada tamu, masyarakat yang datang di upacara rambu solo tersebut.

Sampai sekarang Kerbau masih menjadi Hewan peliharaan yang sangat menjanjikan bagi masyarakat Tana Toraja, bahkan sudah banyak masyarakat yang menjadikan Tedong/Kerbau sebagai Mata Pencaaharian yang besar. Bagaimana tidak menjanjikan, Harga kerbau sampai saat ini semakin naik karena di tana toraja nilai kerbau tidak pernah mengalami penurunan bahkan semakin Tahun semakin naik, ini dikarenakan kerbau ditana Toraja sudah mulai langkah. bahkan tak jarang kerbau dari luar Tana Toraja didatangkan untuk memenuhi permintaan Pasar. 

Kerbau sendiri di daerah Toraja menyimbolkan "kebijaksanaan". Namun tak jarang Kerbau juga dijadikan sebagai hewan aduan dalam upacara rambu solo.

Berikut ini beberapa jenis kerbau yang ada di Tana Toraja :


[ Jenis-jenis Kerbau Toraja ]

1. [ Tedong Saleko ]
Tedong Saleko - Tedong kerbau termahal di toraja
Tedong Saleko
Yang pertama adalah, ya Kerbau Saleko (Tedong saleko) sekaligus tedong Paling Termahal di Tana Toraja. Kerbau ini memiliki ciri-ciri khusus diantaranya adalah pada kulit terdapat warna dengan warna dasar putih serta belang hitam, dengan tanduk kuning gading serta bola mata berwarna putih. Kerbau belang ini di Toraja harganya sangat fantastic dan sangat mahal dibanding dengan kerbau jenis yang lain. Sampai saat ini Harga kerbau ini bisa mencapai 1 Milyar, angka nolnya silahkan hitung sendiri yah,, hehehe. Namun nilai harga tersebut tentunya dipengaruhi dari warna dan ciri kerbau saleko tersebut.

2. [ Tedong Bonga ]
Tedong Bonga - Kerbau Belang Toraja Termahal
Tedong Bonga
Tedong Bonga (Kerbau Belang), menduduki peringkat kedua setelah Tedong Saleko, dan memiliki nilai jual yang hampir sama dengan Tedong Saleko pada kisaran ratusan juta rupiah. Ciri fisik dari Tedong Bonga juga tidak jauh berbeda dari Tedong Saleko, perbedaan yang mendasar antara Tedong Saleko dan Tedong Bonga terletak hanya pada warna dasar kerbau, Tedong Bonga berwarna dasar hitam dengan belang putih sedangkan pada tedong Saleko memiliki dasar warna Putih dengan Belang Hitam. Bagi kebanyakan masyarakat masih banyak yang tidak bisa membedakan Tedong Saleko dengan Tedong Bonga sehinga ada yang salah menamainya. 
Tedong Bonga - Kerbau Belang Toraja Termahal
Tedong Bonga Termahal
Menurut masyarakat di Toraja Kerbau belang ini hanya dapat hidup di Toraja saja, Jadi bagi yang mau sobat seua yang mau pelihara diluar dari Tana Toraja berpikir dulu deh, kalau sobat tidak percaya bisa sobat buktikan untuk mengembangbiakkan Kerbau Belang ini di daerah sobat diluar Tana Toraja. untuk Kerbau Belang Harganya Juga tak kalah Fantastic bisa mencapai ratusan juta rupiah.  

3. [ Tedong Lotong Boko' ] 
Tedong Lotong Boko (Kerbau Belakang Hitam) Toraja
Tedong Lotong Boko
Tedong Lotong Boko' (Kerbau yang mempunyai warna Belakang Hitam) yaitu Kerbau yang mempunyai ciri khusus yaitu warna hitam pada kulit yang terdapat dibelakangnya dan keseluruhan lainnya berwarna putih. Kerbau ini lebih dominan memiliki warna putih daripada warna hitam pada kulitnya. Harga kerbau ini juga bisa mencapai Ratusan juta rupiah.

 4. [ Tedong Pudu' ] 
Tedong Pudu' - Kerbau Hitam Termahal Toraja
Tedong Pudu'
Kerbau berikutnya adalah Kerbau Hitam (Tedong Pudu'. Kerbau ini memiliki ciri pada kulit atau seluruh Tubuhnya dipenuhi warna Hitam. Kerbau yang satu ini dapat ditemukan di berbagai tempat di Tana Toraja. Kerbau jenis ini sangat banyak digunakan sebagai Tedong Passilaga (Kerbau aduan ) Dalam Rambu Solo (Acara Kematian) dan juga paling banyak disembeli (Ditinggoro) dalam acara Kematian di Tana Toraja, bahkan jumlahnya bisa mencapai Ratusan Ekor tergantung dari Derajat Sosial Keluarga yang meninggal. Tedong pudu' (Kerbau Hitam) yang menang dalam aduan kerbau akan menambah nilai harganya semakin mahal karena sudah dianggap masyarakat sebagai Kerbau yang Tangguh (Paling Kuat), tetapi harga tersebut tidak bisa menyaingi harga kerbau diatas. Harga kerbau ini sendiri mulai dari 20juta sampai 100 juta rupiah.

5. [ Tedong Ballian ]
Tedong Ballian Toraja
Tedong Ballian
Dilihat dari Bentuknya pasti sobat sudah bisa menebak jenis dan ciri kerbau tersebut, iyappp, Tedong Ballian adalah Tedong (kerbau) yang memiliki ciri tanduk yang sangat panjang. Panjang Tanduk Kerbau Balian bisa mencapai 1 hingga 2 meter panjangnya. Kerbau jenis ini sudah jarang ditemukan di Tana Toraja, sehingga berpengaruh banyak pada nilai jual kerbau ini. Harganya pun sudah sangat mahal untuk saat ini kira-kira masih berkisaran 20juta sampai 100juta rupiah.

6. [ Tedong Todi ] 
Tedong Todi' - Tedong Toraja
Tedong Todi'
Tedong Todi adalah kerbau yang memiliki ciri yaitu pada kulit kerbau didominasi warna hitam, lebih mirip dengan Tedong Pudu' (Kerbau Hitam) hanya pada kepalanya atau tepatnya didahi antara kedua tanduknya. terdapat warna putih yang hanya terdapat khusus pada Tedong Todi. Tedong Todi' memiliki dua varian yakni Tedong Todi' dan Tedong Todi' Gara', letak perbedaan keduanya hanya pada bola mata. Bola mata yang berwarna putih di sebut Tedong Todi' Gara' sebaliknya Bola Mata berwarna hitam disebut Tedong Todi'. Harga Tedong Todi’ hampir sama Tedong Pudu' (Kerbau Hitam) berkisar diantara antara puluhan juta sampai 100 juta rupiah. 

7. [ Tedong Sokko ]
Tedong Sokko - Tana Toraja Termahal
Tedong Sokko
Tedong Sokko adalah Kerbau yang memiliki Keunikan tersendiri, dimana tanduk kerbau ini menghadap ke bawah dan tak jarak hampir bertemu antara kedua tanduknya dibawah leher. Bila berpadu dengan corak atau belang tertentu contohnya Bonga Sokko (kerbau belang dengan tanduk menghadap kebawah) nilainya menjadi akan sangat mahal. 

8. [ Tedong Tekken Langi' ] 
Tedong Tekken Langi'  - Kerbau Toraja
Tedong Tekken Langi'
Mungkin sobat semua heran ada apa dengan gambar foto berikut, hehehe. Namanya kerbau Tekken Langi' kalau tidak salah dalam bahasa indonesianya "Kerbau Tongkat Langit'. Jenis kerbau yang unik karena kedua tanduk yang dimilikinya tidak sejajar dan tidak sama arah. Tanduk sebelah Kiri menjulang keatas, sementara tanduk sebelah kanan mengarah kebawah atau sebaliknya. Mungkin sobat bila melihat sepintas kerbau ini tidak memiliki nilai atau hanya kerbau biasa-biasa saja, tapi, eitsss tunggu dulu, Justru dari keunikan tersebut kerbau ini sangat jarang dijumpai dan jenis kerbau ini hanya dapat kita jumpai di setiap Upacara adat lengkap seperti Rambu Solo (Upacara Kematian) dengan tingkat tertentu seperti Upacara Sapu Randanan (Upacara Adat Kematian yang tertinggi dan Lengkap). Nah karena keunikan dan kelangkaannya Kerbau ini merupakan kerbau yang harganya juga mahal kisaran diatas 100 juta rupiah.

9. [ Tedong Bulan ] 
Tedong Bulan - Kerbau Bulan Toraja
Tedong Bulan
Tedong Bulan atau Kerbau Putih. Dinamakan Kerbau Bulan karena seluruh warna tubuhnya putih agak kemerah-merahan disekujur tubuhnya, sehingga dianggap seperti bulan itulah sebabnya disebut sebagai Kerbau Bulan. Jangan terkecoh dengan bentuk badan yang besar, tanduk kuning gading dan kulit putih mulus. Akan tetapi jenis kerbau yang satu ini adalah kerbau yang jika diurut berdasarkan tingkatan/kasta, maka Tedong Bulan adalah kerbau dengan kasta terendah dimata masyarakat Toraja. Tedong bulan umumnya tidak dapat digunakan sebagai kerbau yang dikurbankan. 

10. [ Tedong Sambo ]
Tedong Sambao' - Kerbau Toraja Termurah
Tedong Sambao'
Yang terakhir adalah kerbau dengan kasta paling Terendah tidak jauh berbeda dengan Kerbau Bulan yang menempati tingkatan (Kasta) yang sama. Tedong Sambao' atau Kerbau yang warna bulunya abu-abu atau kemerahan berbeda dengan Kerbau Bulan yang seluruh bulu dan kulitnya yang berwarba putih. Kerbau ini harganya paling murah jika di Toraja. Kerbau Sambao' umumnya dibawa dari luar Toraja atau dibawa oleh keluarga yang membeli kerbau di luar daerah Toraja. Harga kerbau ini sendiri berkisar 10juta sampai 20 jutaan.

ok sobat. Demikianlah beberapa jenis Kerbau (Tedong) yang ada di Tana Toraja. Yang Pastinya setiap hewan pasti mempunyai perbedaan sendiri entah itu mulai dari Kepala, Kaki hingga Ekornya dan Nilainyapun Tergantung dari Budaya dan adat yang ada ditempat itu. Yang jelas dan yang pasti semuanya ada maksud dan tujuan masing-masing.
Semoga artikel ini dapat menambah wawasan sobat semua mengenai bagaimana dan seperti apa nilai seekor kerbau di mata masyarakat terutama di Tana Toraja. Sehingga bila ada sobat diluar Tana Toraja jika sempat menginjakkan kaki di Tana Toraja sudah ada bekal Ilmu yang sobat bisa ketahui.  

 
Note :
Artikel Ini Butuh Penyempurnaan, Apabila ada kata atau kalimat yang kurang atau belum tepat, Mohon saran dari sobat, biar dikemudian hari bisa diperbaiki kembali. terima kasih telah Berkunjung. Salama'. 

Artikel Lainnya : Minuman Khas Tana Toraja | Penyimpanan Mayat Di Londa | Kuliner Khas Tana Toraja | Jenis Tari-tarian Adat Toraja | Ritual Penguburan Khas Tana Toraja | Adu Kerbau Tradisi Toraja | Rumah Adat Tana Toraja | Kumpulan Ukiran Toraja dan Maknanya | Kerbau Termahal Di Dunia | Upacara Pemakaman Khas Tana Toraja |

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis-Jenis Kerbau Toraja, Harganya bisa sampai 1 Milyar

2 comments:

  1. Yang jenis Tedong Sambao kok kaya Kyai Slamet yang di Keraton Solo ya ????

    ReplyDelete
  2. 1 miliar lebih..?? itu Kerbau apa Istana.. hehehe,, kok bisa semahal itu, padahal klau diliat2 ngak ada bedanya dngn kerbau biasa.. ???%^&*$# :D

    ReplyDelete